Bangkok, Thailand

Yeayyy.. first story...

Buat cerita pertama ini, aku akan cerita tentang jalan-jalan aku yang masih fresh banget ya, tepatnya di akhir tahun 2016 kemaren.. sebenernya sih jalan-jalan sambil lomba.. hehe.. dalam cerita ini bakalan ada tempat-tempat recomended yang bisa kamu kunjungi kalo lagi ada di negara Gajah Putih, Bangkok, Thailand..

​

Berawal dari hobi aja, aku jadi gabung deh sama Marching Band Ekalavya Suara Brawijaya bagian Colorguard yang bisa dibilang bagian ini lunturan dari Gymnastic yang udah aku tekuni selama lebih dari 10 tahun.. Vakum dari gymnastic, buat tetep nyalurin hobi dan ingin berkarya di dunia perkuliahan akhirnya aku memustuskan untuk bergabung dengan Colorguard ESB (Ekalavya Suara Brawijaya) yang anak-anaknya bilang sih grade band ini udah waaawww binggooo.. hmm.. entahlah sanggup atau nggk, awalnya sih begitu, tapi begitu kenal Evi, Mas Fery, Mas Eza, Mas bim bim, Dinda, Mitha, Diva, Citra, Dea, Bale, Edi, Andik, Ios, Rico, dinda turis, alin, maria dan emmmmmmm MOMSKYYYY (miss ur mad, wkwkwkw), semua capeknya jadi hilang deh.. Cerita soal pelatihan yang semi militer lah (anggep begitu, haha) bener-bener bikin drop kemana-kemana, mulai dari fisik sampe akademik, yang mulanya tangan yang pernah patah jadi mulai nyeri-nyeri lagi, sampe nangis marah-marah sambil kerjain jobdesk KKN-P yang juga lagi aku jalanin pada saat itu, cari gojek malem-malem jam 12 malem sampe bisa lihat peristiwa cowok mabuk yang narik-narik ceweknya dijalan (gila itu parah banget, buat mas yang mabuk dan marah-marah waktu itu, sadar mas, ingat derajat, fanta masih enak, hahaha), trus adanya TC yang mesti cari alasan buat tidur dirumah gara-gara nggk suka dan nggk bisa tidur diruangan yang berdebu gitu, alasannya karena aku punya alergi debu dan nggk dibolehin juga sama si Mas tidur bareng cewek cowok, hihihi.. TC yang bener-bener fokus kita harus dilatihan, mulai pagi jam 6 kalo ada privat, sampe jam 11 malem (bahkan pernah sampe subuh karena malang sering hujan disore dan malam jadi bisanya pas jam pasif gitu latihan), dan karantina yang sekarang bikin kangen dan nggk kangen juga sih, sama ruangannya yang aku mesti pake masker buat tidurnya karena di barak Lanud yang ada debunya.. T_T

Oke, lepas dari semua penderitaan yang bikin kangen dan nggk kangen itu, tibalah hari di mana aku berangkat ke Bangkok, Thailand.. yeaayy.. FYI baru kali ini aku naik pesawat setelah sekian lama di bully keluarga karena tinggal aku aja yang nggk pernah naik pesawat.. sooo, i showed them, aku bisa pergi naik pesawat langsung ke negeri Gajah Putih.. ada yang sedih banget tapi waktu mau ditinggal, padahal berangkatnya baru jam 2 pagi, tapi udah disuruh kumpulnya jam 7 malem, dan mas nya adek tetep nungguin sampek berangkat.. he is my boy.. dannn 1 lagi, dibeliin sepatu karena sepatu aku udah sobek sana sini wkwkwkw.. singkat cerita, buat pergi ari indonesia tepatnya dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Don Mueang, Bangkok, Thailand dibutuhkan waktu selama 3,5 jam ya guys. Pas udah sampe bandara Don Mueang akunya masih jetlag aja gitu, nggak nyangka bisa berangkat ke sini dalam waktu sesingkat ini, yang awalnya udah berpikir untuk berhenti berjuang buat ini karena nggk sanggup sama semua kegiatannya dan akhirnya aku bisa naklukin semuanya. Keluar dari bandara kita udah dijemput sama bis travel 2 tingkat yang waaaaawww... it’s so amazingg.. kita bilang itu adalah BISMUSIN alias Bis Limusin, hahaha.. secara dalemnya udah high class banget. Tempat duduk sofa, ada meja, ada sound system yang kece abis, lampu disco segala, dan TV yang sebenernya bisa dinyalain tapi nggak dinyalain sama pihak travelnya, wkwk.. buat cerita perjalanan dari bandara ke penginapannya di skip ya guys, akunya tidur, efek jetlag dan capek. Sekitar 1 jam perjalanan (analisa kirologi karena nggk tau pada jam berapa berangkat dan berakhir pada jam berapa kita sampai di penginapan) bangun-bangun udah ada disebuah penginapan dengan nama REGENCY NGAMWONGWAN.. waaw, tampak depan biasa aja sih, soalnya juga ada di gang kecil dan luas lahannya dari depan juga kecil, nggk nampak banget lah kalo itu hotel, mungkin karena kebiasaan lihat hotel di indonesia yang cuma ada 3-5 lantai aja karena bangunan yang horisontal jadinya masih nggk mikir aja dalamnya buat kamar tidur kita nanti gimana..

Sesampainya kita di hotel kita langsung di arahkan makan malam karena waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam kita langsung gercep (gerak cepat) gitu soalnya udah laper tingkat dewa dan udah pingin rebahan aja di kasur, dan karena aku jadi penanggung jawab 1 kamar yang didalamya ada alin dan maria (para cewek-cewek CG baru gabung juga jadinya enak-enak aja sekamar sama kalian) setelah dapat kunci, kitalah orang pertama yang langsung pergi ke kamar karen lift disana cuma ada 1 jadi kita nggk mau antri-antrian secara kamar kita ada di lantai 8 nomor 807, pegel juga kan kalo mau naik tangga.. sampe di kamar kita langsung ....., waaawww... ternyata apa yang aku pikirkan di depan hotel nggk sesuai realitanya.. kamar ini masih tergolong enak dan murah, nyaman yang penting..

Jadi di REGENT NGAMWONGWAN ini ada 2 tipe kamar, yang pertama 1 kamar berisi 4 kasur dengan model kasur tingkat dan ada tipe 1 kamar berisi 3 kasur, mungkin ada yang 2 kasur tapi nggak sempet tanya ke pegawainya karena disana kita jarang ada waktu senggang buat ini itu.. kamar mandi yang bersih, udah ada sabun mandi dan shamponya (jadi kita bawa-bawa alat mandi yang kepake cuma sikat gigi, pasta gigi, dan sabun cuci mukanya aja, hehhe, setiap hari handuk diganti sama pihak hotel, dibersihin setiap hari juga, ada water heaternya juga, jadi setiap aku selesai latihan selalu mandi pake air panas biar badan nggak pegel-pegel, WC bersih juga, ada balkon meskipun cuma ukuran 2x1 meter tapi view yang diberikan cukup memanjakan mata.. sarapan juga selalu disediakan oleh pihak hotel untuk siapapun yang menginap di hotel tersebut. Sarapan adalah makanan terenak selama aku ada di hotel karena kalo makan siang ataupun malam selalu nggk cocok, apalagi pernah dapet makan mie yang aku cuma bisa makan kacangnya aja karena bumbunya yang menurut aku aneh, tapi itu tergantung selera sih, buktinya temen-temen yang lain pada suka bahkan ingin nambah, mungkin karena akunya yang nggak terlalu suka sama makanan yang mempunyai inggredient yang banyak banget kali ya, ada tauge, mie, bawang, kacang, lombok, cuka, gula, tomat, jagung, kacang polong, sayur sawi (mungkin) dan lain-lain lupa apa aja dan itu semua dijadikan 1.. dan FYI guys, harga hotel disitu setiap malamnya hanya 759 baht, atau kalo aku hitung dalam rupiah dengan nilai pada saat itu sekita Rp. 387,5 adalah sekitar Rp. 294.112,-.

​

Tapi yang aku suka dari thailand terkait makanannya adalah di sana ada ibu-ibu jualan bawa sepeda engkol yang kalo di indonesia itu kayak penjual jajanan keliling tapi si ibu jualannya adalah ayam goreng yang enaaaaaakkkkkk banget, selalu masih hangat karena kalo ada yang beli baru si ibu goreng deh itu ayamnya, harganya Cuma 10 baht 1 ayamnya, dan itu gede ayamnya... wahhh ibuuuuuuu, engkau adalah penyelamat pencernaanku selama seminggu disana :D selain itu tempat yang jadi favorit juga disana ada 7eleven yang kalo disini itu kayak indomaret, bedanya disana lebih murah-murah, hihiihi.. Tao Kae Noi aja disana Cuma 10 baht atau sekitar Rp. 4000 aja, kalo di indonesia kan udah sampe Rp. 12.000 ya sekarang, kalo nggk percaya nih aku kasih fotonya, aku sempete2in foto nih label harganya, dan itu all produknya, wkwkwkw, roti-roti juga Cuma seharga 10 baht, parfum ukuran sedang dengan wangi yang segar juga 10 baht aja... Tapi kalo secara keseluruhan sih di Thailand dan di Indonesia hampir sama aja kok guys buat harga barang-barang yang dijual.. masih terhitung murah lah.. bawa uang 6 juta kira-kira udah cukup kok, makanan murah, penginapan murah, transportasi murah, dan oleh-oleh juga murah.. sesi oleh-oleh dan jalan-jalan di akhir cerita aja ya, karena itu adalah inti dari kita pergi traveling :D

Finally, kita udah waktunya buat showed up nih guys, kita tampil di BANGKOK STADIUM yang lokasinya itu sekitar 40 menit dari lokasi penginapan kalo nggak macet.. Oh iya, selama kita jalan disana, kita jarang banget lihat ada sepeda motor lewat dijalan besar, mungkin kebijakan disana sepeda motor hanya boleh lewat di jalan-jalan yang kecil atau di jalan-jalan tertentu aja ya, jadi kita lewat Cuma ada mobil-mobil mulai dari yang biasa sampe yang mewah banget juga ada. Buat view selama perjalanan kita banyak banget bangunan-bangunan tua yang kalo aku sama kiara (temen 1 jurusan penataan ruang kota yang ikut berangkat juga ) bilang sih bangunan itu mempunyai irama yang sama (bentuk yang sama) dan kurang terawat.. dan kayak bangunan mati gitu karena dari sekian banyak ruangannya cuma ada 1-3 penghuni aja (itu yang kelihatan dari pandangan kita sih, hihihi).. kembali ke perlombaan, singkat cerita setelah ada beberapa adegan tangis menangis dan tepuk menepuk punggung karena kita ada aja gerakan yang salah akhirnya kita dapet banyak penghargaan yang bikin kita lupa sama semua capeknya kita sama lelahnya kita.. buat list kemenangan kita itu:

1. Juara 1 BEST VISUAL

2. Juara 3 Marching Band Show

3. Juara 1 Populer Vote (terima kasih buat temen-temen yang udah dukung kita ya)

4. Juara 2 Colorguard

I’m so proud to be me and all of player and coach in this competition.. kalian terbaik, pengalaman aku di Thailand semakin bermakna karena aku bisa jalan-jalan dan juga berkarya yang bisa memberikan penghargaan bagi diriku sendiri, universitas, dan terutama INDONESIA...

Sesi jalan-jalan.... YEAAYYYYY.. that was what i’m waiting for....

Jalan-jalan kita pergi ke suatu wilayah yang dinamakan SIAM dan kita pergi ke tempat yang kalau aku bilang itu sih CBD dari Bangkok, (CBD=Central Business Distric).. disana da monorel 2 tingkat, pedestrian yang lebar dan bagus meskipun waktu kesana masih ada beberapa perbaikan, banyak cafe-cafe terkenal, contohnya Mercedez-Benz.. mall yang indah banget, banyak lampunya, dan oiyaa.. karena masih suasana duka jadi setiap jalan 100 meter aja pasti udah ada foto kerajaan Thailand yang segede banner-banner di pinggir jalan karena rajanya baru aja meninggal, katanya sih suasanya duka itu bakalan dilakukan selama 1 tahun, jadi ya foto Raja tersebut akan ada di mana-mana selama 1 tahun.. selanjutnya kita ke MBK Center. MBK Center adalah salah satu mall yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh murah dan bagus dari Thailand bagi para turis-turis yang berkunjung di Bangkok. Disana aku dan kiara yang memiliki tujuan oleh-oleh yang sama udah kayak orang yang ikut kuis apa ya, lupa namanya, intinya kita dikasih uang 2 juta dan harus habis dalam waktu 3 jam, jadi kita mesti lari sana sini buat ngabisin itu, hahahah.. untung kita punya tujuan yang sama ya ki. Mulai dari baju, kita nemuin tempat jual baju dengan bahan yang cukup bagus dan memiliki motif khas Thailand dengan harga cuma 199 Baht, lanjut si aku nya kalap mata lihat celana yang kayak rok waranya biru enak banget kalo dipake jadi aku beli juga deh, harganya juga cuma 199 baht, trus belikan keponakan-keponakan lucu yang bikin kangen baju juga yang setiap bajunya hanya dibandrol dengan harga 99 baht aja..

Next aku pingin beli makanan khas sana dan ternyata aku direkomendasiin buat beli manisan buah disana yang katanya enak banget.. jadi kalo kalian disana cari juga aja toko yang menjual manisan buah-buahan yang super enak, banyak banget kok, dan harganya relatif sama aja sekitar 50-100 baht.. kalo masalah souvenir juga memiliki harga yang relatif murah, tinggal pilih-pilih design aja mana yang kalian suka.. dan akhirnya setelah lari sana sini (nggak lari juga sih, palingan jalan cepat) kitapun laparm berhenti di Big Burger dan kita makan. Setelah makan kita jalan balik ke bis ketemu sama lokasi yang unik, ada patuh kelinci putih raksasa dan love-love yang gede banget, dan akhinya kita tergoda, larilah kita kesana, foto-foto dulu ya guys, kaian bisa kesana kalo pingin refresing, unik banget soalnya, lucu.. daerahnya di samping MBK Center kok, nggk jauh, kalian keluar MBK juga udah bisa lihat dan aksesnya juga mudah..

​

Terakhir, kita kembali ke bis dengan banyak barang hahah.. tapi semua itu bikin aku pingin kembali lagi kesana.. nggak lupa aku mau ucapin terima kasih buat Mbak Intan yang udah lunturin uang sisanya habis dari jalan-jalan ke Thailand ke aku sekitar 1.160 Baht buat sangu aku, bapak yang kasih $90 juga buat aku yang malah aku simpen nggak aku pake, hehehe.. ibu, kaka, mbak tiwi, dan mbak yang udah kasih semangat dan doanya, buat firda (nganjuk) bestiest di dunia perkuliahan, percintaan, dan keuangan hahaha, makasih buat supportnya dan bantuin aku buat TA ketika surat dispennya masih belum jelas kepastiannya, xoxo.. dan buat mas yang udah sediain waktu buat adek kemana mana dan tetap setia meskipun akunya buluk, muka belang dan jarang pake make up, I Love u more mas :*.

Rekomendasi tempat nanti aku share link-linknya ya guys, mungkin bisa kalian kunjungi waktu kalian di Bangkok, akupun ingin kesana lagi suatu saat, tapi sama bunda sebelum ke Mekkah nggk boleh ke sana dulu hehehe, harus Umroh dulu kata bunda.. amiinnn.. semoga tercapai..

​

Sekian cerita dari Bangkok, Thailand..  Terima kasih atas waktunya buat sempetin baca cerita pengalaman aku di Bangkok, Thailand.. Semoga kalian bisa kesana yaa.. aminnn

Jangan lupa ya guys, tonton Video Band Show ESB di bawah ini..
Video dokumentasinya juga seru, check it out guys..